Proses penjualan saat ini jika dibanding dengan beberapa tahun lalu, sangatlah berbeda. Hal ini dipicu dengan berkembangnya teknologi dan digital. Dijaman serba digital ini, pembeli cenderung melakukan survey terhadap barang yang akan dibeli. Bukan cuma survey dalam rangka mencari harga yang lebih murah, namun juga mencari value mana dari sebuah produk yang lebih unggul dibanding dengan harganya.

Bicara soal value dalam sales, kita mengenal 3 value yang harus diperhatikan agar penjualan sukses. Pertama adalah personal value, yaitu nilai -nilai pribadi seorang penjual yang diperlihatkan saat berinteraksi dengan pelanggan. Kedua adalah produk value, ini berfungsi agar pelanggan dapat melihat value sebuah produk terhadap harga yang harus dibayar pelanggan. Yang ketiga dan terakhir adalah sales value yang artinya kita sebagai penjual harus mengerti dengan siapa kita menjual produk, kapan, dimana dan dengan cara apa kita menjual.
Ketiga value tadi di deliver sebagai materi training sales yang diberikan langsung oleh @erwinsnada dan @poncowaluyo sebagai fasilitator dalam sebuah training sales bertajuk Teknik Komunikasi dan Negosiasi yang Efektif.
Training diadakan oleh XL Axiata untuk para mitra XL Home. Training berlangsung 3 batch yang diselenggarkan di Banjarmasin dan Palangkaraya.
Dari training ini para peserta jadi lebih memahami bagaimana mengkomunikasikan ketiga value tadi dalam setiap proses penjualan.